Cukup Latihan Senam Rutin, Mengatasi Rahim Retrofleksi

October 30, 2021
mengetahui cara mengatasi rahim retrofleksi atau rahim terbalik

Sebagian wanita tidak menyadari bahwa mereka memiliki rahim retrofleksi atau terbalik. Kondisi dapat diketahui pada saat melakukan pemeriksaan melalui dokter kandungan. Meskipun tidak mengganggu proses mendapatkan keturunan, tapi ada baiknya tetap mengantisipasinya sejak dini.  

Penanganan Rahim Terbalik 

Rahim retrofleksi tidak memberikan gejala khas. Namun, beberapa keluhan yang sering terjadi berupa munculnya rasa sakit atau nyeri pada saat datang bulan maupun berhubungan intim. Akan tetapi, pastikan kembali dengan melakukan pemeriksaan melalui dokter. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas olahraga ringan yang dapat memperbaiki posisi rahim. 

Melakukan Latihan Kegel

Menariknya, tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mengembalikan posisi rahim. Cukup lakukan aktivitas olahraga kegel agar hasilnya lebih signifikan. Senam kegel berfungsi untuk memperkuat otot-otot dasar panggul dan membantu rahim kembali ke posisi seharusnya. Cara melakukan senam ini adalah baring terlentang di atas matras, lalu naikkan panggul ke atas dengan posisi kaki merapat lurus. Selama mengencangkan otot, biarkan napas seperti biasa dan jangan ditahan. Tahan selama 10 detik dan lemaskan kembali otot selama 3 detik. Paling tidak lakukan latihan sebanyak 3 kali sehari. Semakin kuat otot tersebut, posisi rahim retrofleksi akan normal kembali. 

Melakukan Senam Knee To Chest 

Selain senam kegel, rutin melakukan senam knee to chest juga mampu memposisikan rahim retrofleksi ke posisi semula. Anda bisa melakukannya dengan cara berbaring terlentang di atas permukaan yang datar dan kedua tangan diletakkan di samping tubuh. lalu, angkat satu kaki hingga di depan dada dan tahan menggunakan kedua tangan. Tahan posisi 15 – 30 detik, lakukan 10 kali dalam satu set. 

Melakukan Senam Oblique Twists 

Latihan senam lainnya itu oblique twists mampu memperkuat otot panggul dan memperbaiki posisi rahim dalam kurun waktu. Langkah pertama, yaitu baring di atas lantai dengan menggunakan matras. Setelah itu, letakkan kedua tangan atau seperti memegang kepala. Tekuk kedua lutut dan angkat kaki dan kelapa. Pastikan lutut kiri yang diangkat bersentuhan dengan ujung siku tangan kanan. Lakukan gerakkan bergantian sebanyak 10 kali dalam satu set. Latihannya sangat sederhana bukan ?

Apakah Boleh Memijat Rahim Terbalik ?

Seringkali, beberapa orang memilih pengobatan alternatif seperti memijat. Memang, teknik pijat merupakan pengobatan yang dapat mengatasi masalah kesehatan. Sayangnya, pemijatan pada rahim retrofleksi tidak dianjurkan oleh sejumlah pakar kesehatan. 

Mengapa demikian ? Karena, pijat belum terbukti efektif mengatasi rahim terbalik. Selain itu, melalui pemijatan dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan berupa gangguan otot atau ligamen, saluran cerna, maupun berbahaya bagi janin. Apalagi, bila tidak dilakukan oleh seorang terapis yang ahli. Oleh sebab itu, cara mengatasinya dengan rutin berolahraga, melakukan check up ke dokter kandungan, hingga operasi. 


admin