Tes Kesuburan pria, Inilah Ragam Tesnya Yang Bisa Dilakukan

October 22, 2021
Ilustrasi Cek Kesuburan Pria

Tes kesuburan kemungkinan dibutuhkan jika pasangan suami atau istri ingin memperoleh momongan atau saat mengalami kesulitan untuk hamil. Perlu diketahui, tidak semua kasus dari sulit hamil disebabkan oleh wanita lho. Tapi sebagian kasus dari masalah tersebut disebabkan oleh pria yang tidak subur. Untuk mengetahui tes kesuburan pria, ada beberapa jenis tes yang bisa anda lakukan. Anda bisa memilih satu tes dari beberapa ragam cek kesuburan pria yang bisa anda pilih untuk menguji pria berikut ini,

  1. Tes fisik 

Prosedur yang harus diikuti untuk mengecek kesuburan pria yaitu tes fisik. Tes fisik ini biasanya dilakukan oleh doktor urologi,yaitu dokter spesialis yang menangani penyakit pada kelamin seperti saluran kemih, termasuk ginjal serta ureter pada kantong kencing. 

Biasanya, dalam tes kesuburan pada pria ini akan diperiksa serta dilihat dari kesehatan yang mencakup fisik dan riwayat kesehatan pasien secara menyeluruh. Sehingga dokter akan bisa mencari tahu segala kondisi yang berpotensi mengganggu kesuburan anda. 

Hal ini bisa disebabkan karena cacat pada sistem reproduksi,rendahnya hormon, penyakit atau kecelakaan yang pernah dialami oleh para pasien. Jika anda pernah mengalami penyakit serius sebelumnya maka akan bisa ditarik kesimpulan penyebabnya. Masalah kesehatan yang anda miliki saat ini juga akan berpengaruh bagi kesuburan yang anda alami. 

Tidak hanya itu, dalam tes kesuburan ini para pihak medis juga akan mencari tau bagaimana gaya hidup anda selama ini. Misal kebiasaan anda mengonsumsi alkohol serta rokok, dan obat-obatan tertentu. Selain itu terpapar radiasi, pestisida dan hal lain yang mungkin akan mempengaruhi kesuburan anda. 

Selain itu juga anda akan ditanyai tentang bagaimana reaksi tubuh setelah berhubungan maupun saat berhubungan seks dengan pasangan. Mungkin anda akan ditanya masalah saat ereksi. Sementara itu tes fisik juga salah satu bagian dari tes ini untuk mengetahui masalah yang mungkin terjadi pada penis maupun epididimis dan lain sebagainya. 

  1. Analisis sperma 

Analisis sperma merupakan salah satu ragam tes kesuburan untuk pria yang pertama dilakukan untuk mengetahui gangguan yang disebabkan karena sperma yang menyebabkan sulit untuk punya anak. Bahkan, Dalam setiap cek kesuburan pria dengan sperma merupakan salah satu prosedur yang tak boleh terlewat. 

Sperma sangat dibutuhkan pada proses kehamilan untuk membuahi sel telur sehingga kesuburan pada sperma juga wajib untuk diperhatikan. Sebenarnya tidak hanya sperma saja tetapi semua faktor yang terkandung dalam cairan air mani juga ikut serta untuk diperiksa oleh pihak medis. Sehingga tes ini lebih tepat disebut dengan analisis air mani. 

Untuk melihat kondisi sperma normal ataupun mengalami gangguan pada cek kesuburan pria ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti jumlah sel sperma, motilitas sperma dan morfologi sperma. Berdasarkan WHO, Jumlah sperma yang normal adalah 15 juta per militer air mani. Artinya, setidaknya ada 39 juta sel sperma pada sebuah sampel yang diberikan kepada pasien. 


admin