Pastikan Hal Berikut Sebelum Gadai Sertifikat Rumah

October 8, 2021
Ilustrasi rumah

Ketika butuh dana mendadak dalam nominal yang besar, Anda pasti kesulitan mencari pinjaman. Saat itulah Anda bisa menggunakan lembaga gadai sertifikat rumah. 

Lokasi Rumah Strategis

Pastikan lokasi rumah yang akan digadaikan terletak di tempat yang strategis. Tidak semua sertifikat rumah dapat digadaikan dengan mudah. Pihak bank maupun lembaga pembiayaan lainnya akan melakukan penilaian terhadap barang gadai terlebih dahulu. Kebanyakan faktor yang menjadi penghambat adalah lokasi rumah. 

Misalnya rumah Anda terletak pada kawasan yang mudah banjir, dekat dengan pemakanan, dekat dengan saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) atau berada di gang sempit. Maka kemungkinan besar pengajuan tersebut akan ditolak oleh pihak lembaga keuangan maupun lembaga pembiayaan. 

Hal inilah yang membuat banyak orang mempertimbangkan lokasi rumah ketika membeli rumah. Rumah dengan lokasi strategis lebih menarik dan memiliki harga tinggi saat dibeli, dijual bahkan digadai sekalipun. 

Aman Terpercaya

Pihak OJK akan bertanggung jawab turut mengusut apabila itu merupakan kesalahan dari lembaga terkait yang berada di bawah pengawasannya. Selain itu lembaga yang diawasi oleh OJK juga memiliki tim profesional sehingga setiap transaksi terjamin aman. 

Pilihlah lembaga keuangan atau lembaga pembiayaan yang sudah terbukti aman untuk gadai sertifikat rumah. Keamanan dapat dilihat dari kepemilikan sertifikat bahwa lembaga tersebut legal dan diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Apabila sewaktu-waktu Anda mengalami permasalahan yang rumit, maka bisa langsung mengajukan tuntutan terhadap lembaga tersebut. 

Lengkapi Syarat

Ada beberapa syarat gadai sertifikat rumah yang harus Anda penuhi apabila ingin mengajukan gadai. Pastikan setiap dokumen yang diminta sebagai syarat dapat dilengkapi tanpa ada yang terlewat. Hal itu akan memudahkan pihak lembaga keuangan atau lembaga pembiayaan menyetujui pengajuan Anda. 

Masing-masing lembaga memiliki syarat yang berbeda meskipun sebagian besar sama dengan lembaga lainnya. Namun untuk proses persetujuannya benar-benar berbeda karena ada lembaga yang tidak menyulitkan nasabah dengan persetujuan dalam waktu singkat. Jadi Anda bisa langsung mendapatkan dana hasil gadai dalam hitungan hari bahkan jam. 

Ajukan Sesuai Kebutuhan

Hindari mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai Anda kewalahan membayar angsuran bulanannya. Dana yang diperoleh dari hasil menggadaikan sertifikat rumah memang menggiurkan. Namun pikirkan juga kesulitan yang akan Anda hadapi di masa depan jika angsuran tidak lancar. 

Biasanya pihak kreditur hanya memberikan pinjaman maksimal 70% dari harga rumah. Misalnya harga rumah Rp 600.000.000 maka maksimal  tawaran dari kreditur adalah Rp 420.000.000. Sesuaikan juga cicilan gadai sertifikat rumah per bulan dengan gaji bulanan Anda agar tidak menjadi beban. 

Itulah beberapa hal yang harus diketahui sebelum gadai sertifikat rumah di lembaga keuangan atau lembaga pembiayaan. 


admin