LPS Pangkas Tingkat Bunga penjaminan, Benarkah?

October 1, 2021
suku bunga lps terbaru

Dalam rapat Dewan Komisioner (RDK), senin 22 januari memutuskan memangkas tingkat suku bunga untuk Lembaga penjamin simpanan (LPS). LPS pada bank umum dan BPR masing-masing sebesar 25 bps (basis point). LPS juga menurunkan tingkat suku bunga untuk Valuta Asing pada bank umum sebesar 25 bps.

Pangkas Suku Bunga Penjaminan

Dengan adanya pengumuman tersebut bunga penjaminan untuk rupiah terhadap bank umum ditetapkan menjadi sebesar 4,25% dan untuk Valuta Asing sebesar 0,75%, dan tingkat bunga pinjaman untuk BPR sebesar 6,75%. Tingkat bunga tersebut berlaku mulai 25 februari 2021 sampai dengan 28 mei 2021. LPS akan melakukan monitoring dan membuka ruang evaluasi atas tingkat bunga sebelum masa akhir periode tersebut dengan menyesuaikan kondisi perekonomian dan perbankan.

Kebijakan menurunkan bunga pinjaman tersebut didasarkan pada beberapa pertimbangan, antara lain suku bunga pinjaman yang terus menunjukkan tren penurunan, prospek, dan kondisi likuiditas perbankan yang relatif longgar. Perkembangannya kini butuh dukungan berupa sinergi kebijakan dari otoritas jasa keuangan (OJK). Melihat kondisi perbankan saat ini berada pada kondisi yang cukup stabil yang ditandai dengan penurunan suku bunga pada pasar simpanan.

Maka, LPS memandang ini sebuah hal yang perlu diakselerasi dengan penguatan intermediasi perbankan. Oleh karena hal tersebut, LPS berharap kebijakan yang dibuat ini dapat memberikan ruang lanjutan bagi penurunan suku bunga kredit perbankan yang mendukung pembiayaan nyata. LPS akan terus berusaha menjaga stabilitas keuangan nasional melalui kebijakan penjaminan dan resolusi bank secara baik, efektif, dan efisien.

Beberapa pengumuman seputar LPS Tahun Ini

Perkembangan LPS saat ini, tentu suku bunga LPS meningkat semakin pesat. Informasi dari tahun ke tahun semakin diperbaharui dan menciptakan peluang baik bagi sebagian orang. Adapun pengumuman informasi seputar LPS tahun ini, sebagai berikut.

Lembaga Pinjaman Simpanan memang diperuntukkan membantu menjamin penyimpanan nasabah. LPS tentu turut aktif untuk memelihara dan menjaga stabilitas sistem perbankan bagi publik. Pentingnya LPS Sebagian besar sebagai penjamin simpanan untuk menjaga kepercayaan dari masyarakat. Selain itu suku bunga LPS juga meminimalisir risiko beban anggaran bagi negara.


admin