Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Cek Kesuburan Wanita

September 6, 2021
Ilustrasi Biaya Cek Kesuburan Wanita

Menjadi seorang wanita, agaknya sedikit lebih ribet. Hal ini tentu saja terlihat dari berbagai macam perbedaan yang dianugerahi oleh Tuhan. Bahkan hal simpel seperti halnya biaya cek kesuburan wanita pun ada beberapa macam hal yang perlu diperhatikan.

Dilansir dari berbagai sumber, jika biaya cek kesuburan wanita kisaran ratusan hingga jutaan. Karena hal itu akan melalui beberapa pemeriksaan, diantaranya: pemeriksaan progesteron, testosterone, prolactin, estradiol. Empat hal yang sangat dasar untuk pemeriksaan kesuburan pada wanita. Maka, hal itu juga harus diberikan perhatian khusus.

Yang pertama ada pemeriksaan progesteron, dimana hal itu merupakan tahapan untuk mengecek apakah wanita itu sedang berada di masa subur atau tidak, terutama ketika wanita itu sedang mengandung maka akan dicek apakah terjadi hamil ektopik yang biasa disebut dengan hamil diluar kandungan atau rahim, bisa juga dengan mengecek apakah ia keguguran atau tidak.

Selanjutnya ada testosterone, hal ini juga sangat penting, tidak hanya untuk wanita saja, tetapi berlaku untuk pria. Karena keseluruhan pemeriksaan ini adalah pemeriksaan yang akan dilakukan melalui pembuluh darah vena dan memastikan apakah keduanya mempunyai hormon testosterone yang baik atau tidak. Jika pada wanita, hormon ini akan berperan untuk memproduksi sel darah baru, meningkatkan libido dan mempengaruhi hormon perangsang.

Ada juga pemeriksaan prolaktin, yaitu merupakan sebuah hormon yang diproduksi di bagian depan kelenjar hipofisis (pituitari). pemeriksaan ini merupakan salah satu hal yang sangat penting ketika hamil atau mengandung. Karena pemeriksaan ini dilakukan dengan cara menggunakan sampel darah yang diambil dari pembuluh darah vena untuk mengukur konsentrasi pada prolaktin dalam darah. Manfaat pemeriksaan pada wanita kali ini, biasanya sangat berguna untuk memastikan apakah ASI akan berjalan dengan baik, berkaitan juga dengan pertumbuhan payudara serta mengatur siklus haid.

Dan yang terakhir ada pemeriksaan estradiol. Pada pemeriksaan yang disebut dengan estradiol ini, akan tetap menggunakan sampel darah yang diambil dari pembuluh vena pada lengan. Hormon ini diproduksi pada ovarium wanita pra-menopause. Pemeriksaan ini bermanfaat agar terhindar dari gangguan masalah yang disebabkan oleh kadar estradiol abnormal, seperti: gangguan menstruasi pada gejala transisi ketika memasuki menopause, tumor ovarium, kanker payudara dan beberapa gangguan hal lain.

Dari rangkaian pemeriksaan yang telah disebutkan diatas, tentu saja biaya cek kesuburan wanita sangat beragam. Bisa diambil secara paketan atau bisa juga dibayar secara terpisah, tergantung pemeriksaan seperti apa yang diinginkan.


admin