Besi beton untuk konstruksi, Ini perbedaan dan penggunaan besi beton polos dan ulir?

August 22, 2021
jual besi beton polos

Besi beton merupakan jenis baja tulangan dengan penampang bulat. Jenis besi beton dapat dibedakan secara fisik yaitu terdiri dari besi beton polos dan besi beton ulir. Fungsi besi beton sangat penting untuk kebutuhan konstruksi. Dikarenakan material ini digunakan sebagai pembentuk untuk beton berstruktur. Oleh karena itu, banyaknya orang mulai mencari distributor jual besi beton polos dan ulir terpercaya. 

Besi Beton Polos Vs Besi Beton Ulir

Besi beton polos biasa dikenal dengan reinforced bar yaitu baja tulangan dengan permukaan yang tidak bersirip atau rata sedangkan besi beton ulir atau deformed bar yaitu baja tulangan yang berbentuk spiral dan memiliki sirip. 

Kegunaan kedua besi beton ini hampir sama yaitu rangka utama dalam sebuah konstruksi. Namun, daya Tarik dari besi beton ulir akan lebih kuat dibandingkan dengan besi beton polos. Di samping itu, bentuk ulir di besi beton ulir akan menambah daya ikat pada material cor dan juga rangka penyusun pada bangunan.besi ulir biasa dimanfaatkan untuk pembangunan Gedung pencakar langit atau jembatan

Besi beton polos memiliki merek sendiri bergantung pada produsennya. Harga besi beton polos akan bergantung pada tipe besi beton, dan ukurannya. Begitu juga dengan besi beton ulir. 

Perbedaan lainnya, besi polos dan besi ulir di tempat jual besi beton polos akan berbeda pada ketahanannya. Besi ulir memiliki ketahanan tekanan minimal 400 Mpa sedangkan besi polos hanya 240 Mpa. Tetapi, besi polos lebih banyak permintaannya di pasaran karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Untuk besi ulir langsung dijualkan oleh distributor besar ke kontraktor dan dalam volume besar. 

Dari segi pemasangan juga, besi polos lebih mudah untuk dibengkokan dibandingkan dengan besi ulir. 

Standar SNI besi beton 

Perlu anda ketahui, tidak semua besi beton sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI). Penggunaan produk tentu saja akan berbanding lurus dengan penjualan dimensi beton. Semakin besar ukuran dan jumlah material besi yang digunakan maka keperluan penampang beton juga harus besar dimensinya. 

Ketika membeli besi beton, pastikan sudah dengan standar SNI. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas dan kekuatan besi.material besi beton polos atau ulir yang tidak sesuai standar SNI biasa dikenal dengan besi banci. Besi ini memiliki ukuran kecil dan tidak berkualitas. Pentingnya mencari distributor jual besi beton polos ataupun ulir yang terpercaya dan sudah sesuai SNI. 

Pastikan lakukan perbandingan antar distributor atau mendapatkan testimoni dari pelanggan sebelumnya. 


admin