Beberapa Jenis Bearing Yang Ada Pada Mobil

July 13, 2021
ilustrasi bearing mobil

Bearing adalah hal yang paling penting jika berada di dunia otomotif. Hal tersebut bisa dilihat dari beragamnya jenis bearing dan macam-macam harga bearing yang ada di pasaran. Dengan posisi yang penting ini fungsi yang dimiliki oleh komponen ini sangat besar di dalam sistem kerja sebuah mobil. 

Kegunaannya sendiri adalah sebagai peminimalisir gesekan di antara kedua dua buah komponen yang saling bergerak. Agar perputaran yang dilakukan lebih halus, lancar tanpa perlu merusak komponen yang lainnya. 

Jenis-jenis Bearing Mobil

1.Ball Bearing

Jenis bearing ini akan sangat mudah kamu temukan sekalipun untuk peralatan rumah tangga. Memiliki cara kerja yang sangat sederhana dengan gerakan yang berputar secara efektif. Bearing jenis ini dapat menahan beban putaran yang berasal dari samping. Tetapi kemampuan dalam menahan beban tidak sebanding dengan bearing yang lainnya. Harga bearing mobil ini bisa berkisar ribuan hingga puluhan ribu saja. 

  1. Roller Bearing

Bentuk berupa silinder yang memanjang dengan bentuk yang dimilikinya ini mampu untuk menahan beban baik secara vertikal maupun horizontal yang pasti tergantung bagaimana cara pemasangan bearing tersebut. Harga bearing roller mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. 

Memiliki bentuk tengah yang fleksibel sehingga memiliki titik tumpu lebih dari satu. Roller bearing akan menyesuaikan bentuk kotak diantara bagian luarnya yang biasa disebut dengan outer race. 

  1. Ball Thrust Bearing

Bearing jenis ini hanya digunakan untuk putaran yang rendah mampu untuk menahan beban radial load. Jadi ketika mobil berputar, ball thrust bearing menjadi sistem kerjanya. 

  1. Magnetic Bearing

Bisa terlihat dari namanya bahwa bearing ini memiliki gaya magnet. Magnetic bearing bisa dibilang paling modern yang memiliki daya kerja putaran yang cukup tinggi. Biasa digunakan di dalam perangkat flywheel dengan bearing jenis ini maka flywheel dapat berputar secara konsisten. 

  1. Tapered Roller Bearing

Biasanya ditemukan pada mobil yang digunakan untuk angkutan berat yang terletak pada bagian poros roda mobil. Memiliki bentuk seperti dua roller yang saling berseberangan yaitu bagian luar dan dalam. Bentuk seperti ini  ada kegunaan yang khusus. 


admin