Buat Billing dan Aneka Jenis Macamnya

June 17, 2021
Ilustrasi billing konvensional, struk kertas

Dalam suatu transaksi jual beli maka ada yang namanya billing atau tagihan atau bukti transaksi pembayaran yang dibuat oleh pihak penjual dan diserahkan kepada pihak pembeli. Dalam hal ini yang buat billing adalah pihak penjual. Billing itu pun terdiri dari aneka jenis macam sebagai berikut.

Billing Manual Konvensional

Billing manual dibuat secara konvensional dan manual pada suatu media kertas oleh pihak penjual dan diberikan kepada pihak pembeli. Tagihan billing manual yang telah dilunasi akan di cap atau diberi stempel lunas pada kertas billingnya. Billing atau tagihan atau bukti transaksi pembayaran konvensional ini telah digunakan sejak jaman dulu  meski sekarang makin berkurang jumlah pemakaiannya dan mulai diganti dengan billing elektronik. Billing manual ini tidak ramah lingkungan karena menghabiskan banyak pemakaian kertas. Lagipula proses pembuatannya juga cukup merepotkan serta 

Billing Elektronik Modern

Billing elektronik merupakan tagihan atau bukti transaksi pembayaran yang dibuat serta dikirimkan secara elektronik. Pengirimannya dapat melalui email atau SMS (ShortMessage Service) ataupun WhatsApp dan lain sebagainya. Billing elektronik sendiri ada dua jenis, yakni billing elektronik yang otomatis dan billing elektronik yang non otomatis. Billing yang otomatis elektronik ini akan sangat memudahkan cara buat billing. Hal ini karena tidak perlu repot lagi menghabiskan banyak waktu untuk membuat berbagai jenis tagihan billing dan juga tak perlu harus berulang kali membuat tagihan serta menghitung jumlah total biayanya dan lain sebagainya. Begitu ada pesanan produk masuk dari pelanggan maka sudah dapat diatur agar langsung secara otomatis diterbitkan juga atau dibuatkan tagihan billing elektroniknya. Billing elektronik sangat mudah dan praktis sekali serta hemat waktu. Dalam jangka waktu yang singkat pelanggan atau calon pembeli telah bisa mendapatkan billing elektroniknya melalui email atau akun medsos masing-masing dalam bentuk link pembayaran atau paymentlink. Metode cara bayar tagihan atau billing elektronik tersebut juga bisa beragam. Antara lain dapat dibayar dengan secara cash atau tunai atau kontan di counter toko offline penjual atau di merchant yang telah menjalin kerjasama atau jika hendak dibayar melalui transfer bank atau bisa juga jika hendak memilih membayarnya dengan menggunakan creditcard atau debit card atau dengan aneka jenis uang digital dan lain sebagainya. Biasanya billing elektronik itu menyediakan berbagai fasilitas metode cara yang beragam.


admin